RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA
SEKOLAH : MIN Paju
Ponorogo
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/ SEMESTER : V / 1
ALOKASI WAKTU : 1 X 35 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami hubungan antara sifat
bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1.Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
III.
INDIKATOR
1.1.1
Siswa dapat menjelaskan wujud
benda
1.1.2
Siswa dapat menjelaskan perubahan
sifat benda
1.1.3
Siswa dapat menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi sifat benda
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan wujud benda dengan
benar
2.
Menjelaskan perubahan sifat
benda dengan baik dan benar
3.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi sifat benda dengan baik dan benar
V.
MATERI
1.
Perubahan sifat benda
VI.
METODE
a.
Inquiring minds want to know
b.
Ceramah
c.
Eksperimen
d.
Resitasi
VII.
LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode/ Strategi
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2”
3”
|
-
Do’a + Salam + Absensi
-
Guru membuat pertanyaan
tentang perubahan benda
G : Anak-anak, apakah kalian pernah membakar sampah ?
G : Samakah bentuk kertas atau kayu sebelum dan
sesudah dibakar?
G : Nah, kalian pintar sekali. Pada pertemuan kali ini
ibu harapkan kalian dapat menjelaskan wujud benda, menjelaskan perubahan
sifat benda dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi sifat benda.
|
Inquiring minds want to know
|
Buku absen
Buku paket IPA kelas V
|
- Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode/ Strategi
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
5”
15”
|
-
Guru menjelaskan macam-macam wujud
benda
-
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru
-
Guru menjelaskan
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sifat benda
-
Guru membagi siswa menjadi 3
kelompok dengan cara berhitung
-
Siswa berkelompok sesuai
dengan nomor yang sama (kelompok 1 eksperimen tentang perubahan wujud es dan
tepung kanji, kelompok 2 eksperimen tentang perubahan sifat lilin dan
spirtus, kelompok 3 eksperimen tentang perubahan wujud kertas dan bayam)
-
Guru membagikan lembar kerja
kepada setiap kelompok
-
Guru memberi arahan kepada
setiap kelompok
-
Siswa melakukan eksperimen
sederhana
-
Siswa mengisi lembar kerja
-
Siswa mempresentasikan hasil
dari eksperimen
-
Guru memberikan klarifikasi
|
Ceramah
Eksperimen
|
Buku paket IPA kelas V, spidol, papan tulis
Es batu, tepung kanji, bayam, lilin, spirtus,
kertas, gelas bekas air mineral, air mineral, sendok, korek api
Handout materi
|
- Kegiatan Akhir
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode/ Strategi
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
7”
3”
|
-
Guru memberikan soal evaluasi
kepada siswa
-
Siswa mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru
-
Guru bersama dengan siswa
mengkoreksi hasil evaluasi dengan cara menukarkan jawaban kepada teman yang
ada di sampingnya
-
Siswa mengumpulkan lembar
evaluasi yang sudah dikoreksi
-
Guru memberikan tugas rumah
kepada siswa untuk mengerjakan buku paket halaman 75
-
Guru memberikan motivasi
-
Do’a+Salam
|
Resitasi
|
Buku Paket IPA kelas V
|
VIII.
SUMBER/BAHAN/ALAT
-
Buku Paket IPA Kelas V
-
Kertas
-
Spirtus
-
Korek api
-
Es
-
Lilin
-
Bayam
-
Air
-
Sendok
-
Tepung kanji
-
Gelas bekas air mineral
-
Handout aporan hasil percobaan
-
Papan tulis
-
Spidol
IX.
PENILAIAN
INDIKATOR PENCAPAIAN MATERI
|
JENIS PENILAIAN
|
BENTUK PENILAIAN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
1.1.1
Siswa dapat menjelaskan wujud
benda
1.1.2
Siswa dapat menjelaskan perubahan
sifat benda
1.1.3
Siswa dapat menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi sifat benda
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Esai
Esai
Esai
|
Sebutkan 3 wujud benda….
Perubahan wujud benda padat
menjadi benda gas disebut…
Pembusukan makanan termasuk dalam perubahan yang bersifat…
Perubahan yang terjadi pada kayu yang dibakar menjadi…
Sebutkan faktor yang mempengaruhi sifat benda…
|
X.
LAMPIRAN
1.
Lembar instrumen penilaian
A.
Isilah titik-titik di bawah ini
dengan jawaban yang tepat!
1.
Sebutkan 3 wujud benda….
2. Perubahan wujud benda padat
menjadi benda gas disebut…
3.
Pembusukan makanan termasuk
dalam perubahan yang bersifat…
4.
Perubahan yang terjadi pada
kayu yang dibakar menjadi…
5.
Sebutkan 3 faktor yang
mempengaruhi sifat benda!
B.
Kunci jawaban
1.
Padat, cair dan gas
2.
Menyublim
3.
Tetap
4.
Kayu menjadi arang
5.
Pembakaran, perkaratan,
pemanasan, pembusukan, pendinginan, pemberian tekanan dan pencampuran
C.
Pedoman penskoran
1. Benar x 15
2. Benar x 15
3. Benar x 15
4. Benar x 25
5. Benar x 30
Total = 100
No
|
Aspek
|
Penilaian
|
||||
Baik Sekali (5)
|
Baik
(4)
|
Sedang (3)
|
Kurang (2)
|
Kurang sekali (1)
|
||
1
2
3
4
5
6
7
|
Melakukan
percobaan sesuai urutan langkah kerja.
Ketepatan penggunaan alat dan bahan
Teknik pengamatan dan penyajian data
Kekompakan dan Kerjasama dalam diskusi kelompok
Kesimpulan hasil percobaan
Ketepatan menyusun laporan
Tampilan presentasi laporan
|
|
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
Skor Total
|
|
||||
|
Nilai
|
|
D.
Lembar Eksperimen Siswa
No
|
Benda
|
Sifat benda sebelum perlakuan
|
Perlakuan
|
Sifat benda setelah perlakuan
|
1.
|
Es batu
|
Bentuk :
Kekerasan :
Bau :
|
Dibiarkan di tempat terbuka selama 5
menit
|
|
2.
|
Tepung kanji
|
Bentuk :
Bau :
Warna :
|
Dicampur air dingin
|
|
3.
|
Lilin
|
Kekerasan :
Bentuk :
Warna :
|
Dipanaskan
|
|
4.
|
Spirtus
|
Warna :
Wujud :
Bau :
|
Dibiarkan ditempat terbuka
|
|
5.
|
Kertas
|
Warna :
Bau :
|
Dibakar
|
|
6.
|
Bayam
|
Warna :
Bau :
|
Dibiarkan selama 2 hari
|
|
Lampiran
HANDOUT
MATERI
PERUBAHAN
SIFAT BENDA
A.
Wujud Benda
1.
Padat
2.
Cair
3.
Gas
B.
Perubahan Sifat Benda
·
Perubahan wujud padat menjadi
cair disebut mencair
·
Perubahan wujud cair menjadi
padat disebut membeku
·
Perubahan wujud cair menjadi
gas disebut menguap
·
Perubahan gas menjadi cair
disebut mengembun
·
Perubahan wujud gas menjadi
padat disebut mendeposisi
·
Perubahan wujud padat menjadi
gas disebut menyublim
C.
Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Perubahan Sifat Benda
1.
Pemanasan
Contoh: Pakaian yang basah bila dijemur di terik matahari akan
menjadi kering.
2.
Pembakaran
Contohnya: kayu yang dibakar akan berubah bentuk dan warnanya,
serta mengeluarkan asap (menjadi arang, warnanya hitam dan asap berwujud gas).
Sifat arang dan asap berbeda dengan sifat kayu
3.
Pendinginan
Contohnya air yang didinginkan akan berubah menjadi es batu. Air
adalah benda cair, sedangkan es batu merupakan benda padat. Sifat es berbeda dengan sifat air.
4.
Pembusukan
Contohnya: makanan yang kamu biarkan beberapa hari akan
membusuk, karena pengaruh bakteri atau mikroba.
5.
Pencampuran
Contohnya: pembuatan tembok atau gedung dengan cara mencampurkan
air, pasir dan semen menjadi satu.
6.
Perkaratan
Logam yang sering terkena
air akan cepat berkarat, karena air banyak mengandung oksigen rapuh dan mudah
patah.
Ponorogo, 12 Januari 2013
Dosen Pengampu
KURNIA HIDAYATI, M.Pd.
NIP. 198106202006042001
|
Mahasiswa
BINTI MASCHURROH
NIM: 210610008
|
Kepala Sekolah
FARIDA ROYANI
NIP:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar